www.kawanku.com
Posted on Wednesday, 14 August 2013
4 Gerakan Yoga Sederhana Di Pagi Hari

Yoga adalah salah satu olahraga yang baik untuk tubuh dan pikiran. Hanya dengan melakukan gerakan sederhana ini, kita bisa semangat sehari penuh. Sebelum memulai gerakan yoga, awali dengan meditasi sebentar. Duduk dalam posisi bersila, tutup mata dan tarik nafas beberapa hitungan agar pikiran dan tubuh kita menyatu.

 

Cat-cow pose

Gerakan ini baik untuk punggung. Pertama-tama, mulai dalam posisi dua tangan dan kedua lutut di lantai dengan posisi kepala menunduk ke lantai. Perlahan angkat kepala hingga menatap langit-langit. Bersamaan dengan itu, melengkungkan punggung membentuk huruf u. Lalu turunkan kepala hingga menatap lantai dan secara bersamaan lengkungkan punggung membentuk huruf n. Bayangkan kita adalah kucing yang sedang melengkungkan tubuhnya. Lakukan gerakan ini 30- 60 detik.

 

Downward dog

Pernah melihat posisi anjing lagi streching? Seperti itulah gerakan ini. Kalau kita belum pernah yoga, gerakan ini agak sulit, tapi pelan-pelan saja dilakukan, lama-lama bisa kok. Pertama-tama, posisikan dua tangan dan kedua lutut di lantai. Pelan-pelan angkat lutut hingga kaki dan tangan lurus. Posisi kedua tangan sejajar dengan telinga. Kepala harus sejajar di antara kedua lengan dengan pandangan lurus ke belakang. Tekan seluruh telapak dan jari tangan di lantai. Bayangkan ada lem yang membuat tangan enggak bisa bergerak-gerak. Rasakan tangan ketarik dari bahu hingga pergelangan tangan. Seluruh telapak kaki harus menempel pada lantai tapi kalau belum biasa, tumit enggak perlu menempel di lantai. Tahan dalam posisi ini sekitar 30 - 60 detik.

 

Cobra pose

Ini pose yang berlawanan dengan downward dog atau istilahnya counterpose. Baik untuk punggung, perut, dada dan bahu. Berbaring telungkup. Letakkan kedua telapak tangan di samping, lengan harus menempel pada badan kita. Pelan-pelan tekan kedua telapak tangan dan angkat dada dari lantai dan kepala menengadah ke atas. Angkat setinggi yang kita bisa. Semakin sering latihan, semakin fleksibel juga badan kita. Badan bagian bawah, termasuk telapak kaki  tetap menempel di lantai ya.

 

 

Warrior one

Dalam posisi Tadasana (berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan dan tangan berada di samping badan), mundurkan kaki kiri ke belakang. Letakkan kaki belakang 45 derajat atau 90 derajat. Majukan kaki kanan ke depan hingga berada lurus di atas pergelangan kaki. Seluruh telapak kaki kanan harus menempel di lantai ya. Oh iya, kalau ditarik garis lurus, posisi tumit kaki depan harus berada tepat di tengah kaki belakang. Angkat kedua tangan selurus mungkin. Usahakan kedua tangan berada tepat di samping telinga. Cek juga, posisi badan tetap tetap lurus ke depan. Tahan dalam posisi ini sekitar 30-60 detik. Kembali pada posisi Tadasana dan ulangi untuk posisi kaki yang sebelahnya.   

 

(muti, foto: wikihow.com, lovemyyoga.com)

 




Copyright © Kawanku Magazine, All Rights Reserved 2014. Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Info Iklan | Gramedia Apps | Gramedia Widget