www.kawanku.com
Posted on Friday, 07 June 2013
Gaya Hijab di Berbagai Negara

Bagi perempuan-perempuan di negara berpenduduk muslim, memakai hijab bukanlah lagi sesuatu yang aneh. Bahkan, bagi mereka, hijab bukan sekedar identitas semata, tapi suatu kebutuhan.

 

Kebutuhan untuk memakai hijab dengan stylish tapi tetap syar'i dirasakan banyak perempuan di berbagai negara. Itu sebabnya, perempuan-perempuan berhijab diseluruh dunia jadi makin kreatif dalam berpenampilan. Alhasil,  fashion hijab terus berkembang di berbagai belahan dunia.

 

Perkembangan itu sayang banget dilewatkan, girls! Makanya, yuk kita lihat gaya hijab perempuan-perempuan di seluruh dunia! Siapa tahu kita jadi makin punya banyak inspirasi dalam penampilan hijab kita.

 

Algeria

Algeria terletak di utara benua Afrika. Negara yang jadi salah satu dari sepuluh negara terluas di dunia ini, memang mayoritas penduduknya muslim. Makanya gaya hijab para perempuannya bisa  banget kita tiru. Terutama dalam pemakaian scarf dan abaya (sejenis jubah longgar yang dipakai di Afrika).

 

Belgia

Belgia yang merupakan bagian dari Eropa ini didominasi oleh Kristen, Islam dan Yahudi. Meski begitu, Belgia merupakan satu negara yang mempersoalkan pemakaian hijab. Tapi banyak muslim Belgia yang tetap memakai hijab. Bahkan desainer non muslim disana pun mulai banyak yang merancang pakaian hijab.

 

Perancis

Perancis, terutama Paris, adalah pusatnya mode. Karena itu gaya hijab perempuan Perancis enggak bisa dilewatkan begitu aja. Meski hijab di Perancis sempat dianggap kontroversi, banyak perempuan muslim Perancis berusaha supaya gaya hijab mereka tetap diterima orang. Hasilnya adalah gaya hijab yang simpel dan super up-to-date.

 

Yaman

Berkunjung ke negara yang berbatasan dengan Arab Saudi dan Oman, kita disajikan cantiknya perpaduan busana muslim dari dua negara.  Ciri khasnya, hijab enggak selalu warna hitam seperti negara-negara Arab lainnya. Para perempuan Yaman suka bermain dengan warna cerah, motif,  manik-manik, dan bahkan topi unik di hijabnya. Seru!

 

Oman

Oman berdekatan dengan Yaman. Makanya perempuan Oman suka dengan warna-warna cerah. Tapi enggak cuma kreatif soal warna cerah, perempuan Oman juga suka memakai warna-warna gelap. Tapi, biarpun gelap, baju orang Oman tetap keren. Soalnya, mereka sering menambahkan manik-manik cantik dalam abaya-nya.

 

Itu dia beberapa gaya hijab di berbagai negara. Di negeri kita sendiri, gaya hijab juga banyak yang enggak kalah keren, lho. Bahkan gaya hijab di Indonesia bisa dibilang lebih bervariasi. Beberapa diantaranya terinspirasi dari gaya tradisional tiap daerah kita.

 

Nah, bagi yang penasaran sama variasi-variasi tersebut, datang deh ke Jakarta Islamic Fashion Week 2013 tanggal 26 sampai 30 Juni mendatang di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center. Disana juga bakal ada pameran fashiontalkshow seputar tren hijab, fashion show, dan masih banyak lagi. Yuk, girls!

 

(dea, foto: stylishmuslimah.blogspot.com, skyscrapercity.com, hijabshigh.com)

 




Copyright © Kawanku Magazine, All Rights Reserved 2011. Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Info Iklan | Gramedia Apps | Gramedia Widget