www.kawanku.com
Posted on Thursday, 23 February 2012
My body is a wonderland

Kita, above all people, adalah orang yang paling wajib tahu segala hal tentang bagian tubuh kita. Jangan sampai tidak terawat dengan baik. Buat membantu, W sudah menanyakan beberapa pertanyaan kepada Dr Ramona, dokter kandungan yang praktek di klinik IIPA (Indonesian Planned Parenthood Association).

 

1. SADARI (perikSA payuDAra sendiRI)

Setelah kanker serviks, kanker payudara adalah kanker kedua yang paling sering menyerang perempuan Indonesia. Supaya bisa tahu sejak awal, kita wajib memeriksa payudara kita, minimal sekali sebulan. Lakukan pemeriksaan pada hari ketiiga setelah haid kita berhenti.

cara periksa : Angkat tangan di depan cermin dan raba payudara kita dengan jari tangan. Dimulai dari ujung bagian luar, tekan payudara kita dengan gerakan meligkar, samapai ke puting. Periksa adakah benjolan di payudara.

 

2. check your V area

Seperti payudara, vagina kita juga perlu diperiksa.

cara periksa : Dengan posisi setengah berbaring, buka kaki kita. Pakai kaca kecil untuk melihat vagina kita. Perhatikan bentuk luarnya. Kan bentuknya agak mirip bibir, tuh, lihat bentuknya simetris atau enggak. Umumnya, memang jarang ada orang yang punya bentuk vagina benar-benar sama. Selain itu, lihat juga warna vagina kita. Vagina yang sehat sewarna dengan warna kulit atau agak lebih tua. Vagina yang kemerahan berarti enggak sehat dan harus diobati.


3. soap is not allowed

Vagina kita punya mekanisme buat membersihkan dirinya sendiri. Jadi kita enggak perlu 'mencuci' vagina kita dengan sabun. Soalnya sabun, termasuk juga cairan pembersih kewanitaan, malah bisa membunuh bakteri yang berguna untuk menangkal bakteri-bakteri jahat. Jadi kalau habis buang air kecil, bilas saja daerah kewanitaan kita dengan air dan keringkan dengan tisu.

 

4. kotoran di puting

Karena daki dan keringat, kadang suka muncul kotoran di puting kita.. Kotoran yang terlihat seperti butiran pasir ini bisa dibersihkan dengan sabun pas kita mandi. Atau bisa juga dibersihkan dengan baby lotion dan kapas. Yang penting harus hati-hati, ya, jangan sampai lecet.

 

5. trim... or not?

Pas remaja, bulu pubis kita mulai tumbuh. Selain sebagai lambang bahwa kita sudah mulai dewasa, bullu pubis juga berguna mencegah kotoran atau keringat masuk ke dalam vagina. Karena itu, lebih baik kita tidak mencukurnya sampai habis. Ada beberapa orang yang mengatakan buu pubis yang terlalu lebat bisa jadi sarang penyakit. Sebenarnya itu enggak benar. yang jadi masalah adalah kalau bulu pubis selalu dalam keadaan lembab, sehingga bisa jadi sarang bakteri. Makanya usahakan selalu mengganti celana dalam kita setiap beberapa jam.

 

6. habis bab

Kita perlu membersihkan belahan pantat kita secara teratur. Soalnya bagian tubuh yang satu ini memang gampang banget berkeringat. Nah kalau lagi keringetan terus kita garuk, bisa-bisa jadi lecet dan infeksi. Itu sebabnya setiap kali habis mandi atau BAB, kita perlu melap belahan pantat kita sampai kering.

 

 

ruth




Copyright © Kawanku Magazine, All Rights Reserved 2014. Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Info Iklan | Gramedia Apps | Gramedia Widget