www.kawanku.com
Posted on Sunday, 27 November 2011
Speak Out Now!

Pernah merasa susah untuk mengungkapkan pendapat atau perasaan? Atau punya perasaan yang enggak enak dalam geng? Itu tandanya kita dan teman-teman butuh speak out alias ngumpul bersama dan saling berbagi saran dan pengalaman.

 

Menurut situs thefreedictionary.com, speak out adalah kumpulan orang yang berbagi saran dan pengalaman soal topik tertentu.

 

Speak Out bisa berguna untuk :

1. bikin makin akrab

Ngobrol terbuka dan enggak saling sakit hatii pasti enak banget buat dilakuin. Dengan speak out, kita dan teman-teman bisa makin akrab dan merasa enggak ada yang perlu disembunyiin lagi.


2. membetulkah salah paham

Kalau ada salah paham dan perpecahan, ini saat yang pas buanget buat meluruskannya. Setelah ngobrol santai dengan terbuka, kita dan teman-teman bsa saling tahu apa, sih, yang selama ini terjadi. Bisa baikan lagi.


3. tahu masalah teman

Kalau lagi ngobrol 'buka-bukaan,' pasti ada banyak hal enggak terduga yang bakal diceritain. Namanya juga cewek, dipancing sedikit, pasti langsung curhat. he he he. Bisa saja tiba-tiba ada teman yang curhat masalah yang selama ini enggak disangka-sangka. Kita jadi bisa makin kenal dia, kan.


4. penyaluran emosi

Marah, sedih atau senang sendirian rasanya kurang seru, ya. Lebih enak kalau kita bisa bagi ke teman-teman.

 

5. belajar jujur

Ngomong jujur berhadapan dengan orang lain susah banget dilakuin, lho. Apalagi saat ngungkapin sesuatu yang enggak enak ke teman. Dengan speak out, kita semua bisa belajar ngomong dengan jujur.

 

Enggak cuma speak out, nih, gal, kita juga butuh untuk speak up untuk diri kita sendiri. Berdasarkan situs thefreedictionary.com, speak up adalah mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan. Speak up juga punya banyak efek positif buat kita. Kenapa, sih, speak up itu perlu?

 

* jadi berani

Hidup bakal jadi susah kalau kita selalu takut sama orang  lain. Speak up ngajarin kita untuk lebih berani dalam pergaulan.

 

* lebih ekspresif

Hidup ini jadi kurang bermakna kalau kita cuma diam saja. Ekspresif dengan beran mengungkapkan ide, saran, pujian atau perasaan kita pastinya bikin hidup lebih bermakna. Kalau orang bilang diam itu emas, speak up bisa dibilang pelangi. Wuih... warna-warni.


* menghindari salah paham

Banyak orang yang berantem gara-gara salah paham. Nah, salah paham bisa kita hindari dengan cara berani buat speak up. Omongin, deh, apa yang kita pikirkan dan apa yang dimau. Dengan cara yang manis juga, ya.


* kenal diri sendiri

Kadang kita sering merasa enggak kenal dengan diri sendiri. bingung dengan apa yang kita mau dan kenapa tiba-tiba bisa bete dan marah tanpa sebab. Santai saja, ini biasa, kok. Dengan speak up, kita makin mengenal diri sendiri, lho. Waktu kita ngobrolin apa yang kita pikirin ke orang lain dan dapat tanggapan, kita bisa terbantu buat tahu apa yang kita mau.

 

* membentuk inner beauty

Banyak ahli kecantikan yang bilang kalau inner beauty bisa makin terlihat pada cewek-cewek yang berani mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. Ini bisa jadi tanda kalau cewek ini berani, punya pendapat sendiri dan enggak gampang iikut-ikutan dan mau care dengan lingkungan sekitarnya.

 

 

lisa




Copyright © Kawanku Magazine, All Rights Reserved 2014. Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Info Iklan | Gramedia Apps | Gramedia Widget