www.kawanku.com
Posted on Friday, 15 March 2013
Tips Sehat Ala Chansung 2PM

"Kita harus mengukur berapa kalori yang dibutuhkan, jadi makanlah makanan yang dibutuhkan tubuh kita. Karena pisang dapat menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan, aku selalu makan pisang tiap kali mau latihan," kata Chansung yang sempat dijulukki "Chanana" (Chansung + Banana). "Berat badanku cepat naik, jadi aku diet dan makan pisang. Pisang itu bagus untuk kesehatan," kata Chansung lagi.

 

Makan teratur sesuai waktunya

Makan utama tiga kali sehari. Kalau melewatkan sarapan atau makan malam, kita justru cendrung pengin makan lebih banyak dan memilih makanan enggak sehat.

 

Ngemil pisang

Ngemil boleh, kok. Pilih pisang sebagai cemilan tiap kali kita lapar. Pisang boleh dimakan setiap hari, asal porsinya enggak berlebihan. Maksimal 2-3 pisang setiap hari. Atau makanlah di sela-sela waktu sarapan, makan siang atau malam.

 

Biar enggak bosan, satu pisang boleh dicampur atau diganti dengan buah lain seperti sebuah apel, enam stroberi, atau lima belas butir anggur. Biar rasanya lebih enak, penyajiannya bisa berupa yogurt buah, jus atau salad.

 

Hindari gorengan

Usahakan makan makanan yang dipanggang atau direbus daripada digoreng. Soalnya makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.

 

Kurangi fast food

Sekali-kali makan fast food boleh, tapi jaga porsinya. Maksimal makan fast food seminggu sekali. Fast food kurang baik karena mengandung banyak lemak jenuh.

 

Perhatikan nutrisi

Sehari pastikan asupan nutrisi kita seimbang. Selain karbohidrat, pastikan kita mengonsumsi lemak, protein, sayur dan buah setiap hari.

 

Jauhi soft drink

Ganti soft drink dengan air putih. Minum air putih 2 liter (6-8 gelas) sehari. Tapi bukan berarti diminum sekaligus. Misal, di pagi hari, begitu bangun, minum 1-2 gelas, setelah makan 1 gelas, sebelum dan sesudah beraktivitas.

 

Kenapa pisang?

Serat yang cukup tinggi pada pisang memperlancar pencernaan. Pisang mencegah kita makan berlebihan karena pisang kaya akan pati (resistant starch) yang bikin kita cepat kenyang. Gula dalam pisang mudah dicerna sehingga bagus untuk pembentukan tubuh, otot dan menghilangkan rasa lelah.

 

Peredaran oksigen ke otak jadi lebih lancar karena kandungan potassiumnya. Mengurangi sakit bulanan saat haid karena mengandung Vitamin B6. Merangsang produksi hemoglobin yang membantu mengatasi anemia. Meningkatkan konsentrasi karena kandungan kalsiumnya.

 

(dea, foto: korean-chingu.com)




Copyright © Kawanku Magazine, All Rights Reserved 2014. Kebijakan Privasi | Ketentuan Layanan | Info Iklan | Gramedia Apps | Gramedia Widget